English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Tipsone(Free Tips and Trick)

Paypal For Business

Free Premium Themes

Tuesday, October 5, 2010

KOTA LHOKSEUMAWE

Kota Lhokseumawe sebagai daerah otonom resmi terbentuk pada 21 Juni 2001. Kota yang terletak di pesisir Selat Malaka ini merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Aceh Utara. Saat ini Kota Lhokseumawe terbagi menjadi 4 kecamatan.

Sektor ekonomi utama kota ini adalah perdagangan. Transaksi perdagangan yang dominan berasal dari kegiatan jual-beli kebutuhan sehari-hari. Di Kota Lhokseumawe terdapat industri pengolahan minyak dan gas, PT Arun NGL Co, yang mengekspor produk olahannya dari Pelabuhan Laut Blang Lancang. Kegiatan usaha perdagangan ramai dijumpai di Kecamatan Banda Sakti, yang juga merupakan daerah ibukota Kota Lhokseumawe.

Selain usaha perdagangan, sektor pertanian utamanya perikanan juga cukup potensial berkembang di daerah ini. Perikanan laut dikembangkan di beberapa kecamatan, yaitu Banda Sakti, Blang Mangat, Muara Dua; sedangkan perikanan air tawar lebih banyak terdapat di dua kecamatan, Muara Dua dan Blang Mangat.

Rumah Tangga pertanian tersebar di tiga kecamatan yaitu Muara Dua, Blang Mangat, dan Banda Sakti. Di Kecamatan Blang Mangat merupakan sentra komoditas padi sawah dan tanaman kehutanan, sedangkan di Kecamatan Muara Dua terdapat sentra tanaman palawija, hortikultura serta usaha peternakan. Di dua kecamatan ini juga dikembangkan usaha perkebunan dan jasa pertanian.

Beberapa komoditas tanaman bahan pangan memiliki sebaran tanam yang dominan di kecamatan berikut ini. Tanaman padi sawah di Blang Mangat, jagung di Muara Dua dan Blang Mangat, ubi kayu di Muara Dua, ubi jalar di Muara Dua dan Banda Sakti, kacang tanah di Muara Dua, dan kedelai di Muara Dua dan Blang Mangat.

Meskipun industri bukan merupakan sektor andalan utama, beberapa industri kecil terkumpul di Kecamatan Banda Sakti. Aktivitas usaha perdagangan dan perusahaan terpusat di Kecamatan Banda Sakti dan Kecamatan Muara Dua. Di Kecamatan Muara Dua direncanakan akan dikembangkan sebagai kawasan industri. PT Arun NGL Co dan beberapa industri kecil berlokasi di kecamatan ini.
Sumber:"cps-sss"
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "KOTA LHOKSEUMAWE"

Post a Comment