English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Tipsone(Free Tips and Trick)

Paypal For Business

Free Premium Themes

Sunday, December 26, 2010

Warga Keluhkan Hama Keong Mas

LHOKSEUMAWE - Warga Meunasah Rayeuk Kareung, Mane Kareung dan Asan Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe mengeluhkan serangan hama keong mas yang kian ganas menyerang tanaman padi mereka. Warga memperkirakan, luas padi yang diserang hama itu di tiga desa tersebut mencapai puluhan hektare. 

Amatan Serambi di lokasi, kemarin, rata-rata sawah di pinggir jalan kawasan Desa Rayeuk Kareung dan sekitarnya mati akibat dimakan hama keong mas. Apalagi dalam sawah, kini airnya penuh sehingga memudahkan hama tersebut menyerang tanaman padi yang baru ditanam sekitar seminggu lalu.

“Warga sudah berulang kali menyemprot, namun serangan hama itu tak berkurang. Apalagi di kawasan tersebut tidak ada saluran pembuang sehingga menyulitkan warga mencegahnya,” kata Jalaluddin (38), warga Desa Rayeuk Kareung kepada Serambi, Senin (20/12). 

Menurut Jamaluddin, mengganasnya serangan hama itu karena sedang musim hujan. Sehingga semua areal sawah warga yang sudah ditanami padi tergenang. Sedangkan saluran yang ada di pinggir jalan itu telah dangkal, sehingga kurang berfungsi sebagai saluran pembuang. 

“Padahal jika ada saluran pembuang, pencegahan hama itu bisa dilakukan secara maksimal. Karena warga bisa membuang air dalam areal sawah dengan cepat ketika tak dibutuhkan. Sebab, jika areal sawah kering hama itu tak bisa memakan padi dan juga mudah untuk diberantas,” jelas Jalaluddin didampingi Asiah (40) petani lainnya di desa setempat. 

Diungkapkan, serangan hama keong mas di kawasan itu terjadi tiap musim tanam sejak empat tahun lalu. Akibat serangan hama itu, menurutnya, dalam satu petak warga terpaksa harus menanam padi sampai tiga kali. Karena itu, ia berharap pihak terkait segera membangun saluran pembuang di kawasan itu dan mencari solusi agar hama keong mas dapat diberantas.(c37)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Warga Keluhkan Hama Keong Mas"

Post a Comment